Jangan Beli Tiket Sembarangan Saat Liburan, Ini Tipsnya Supaya Hemat

Liburan menjadi salah satu pilihan bagi kebanyakan orang yang merasa penat dengan segala kesibukan dan aktivitas sehari-hari. Menikmati liburan di saat libur panjang tentu menjadi agenda wajib untuk menghilangkan stress.

Jangan Beli Tiket Sembarangan Saat Liburan, Ini Tipsnya Supaya Hemat
Selain itu, liburan juga merupakan cara terbaik untuk merefresh pikiran baik karena tugas sekolah, kuliah atau karena banyaknya tugas-tugas pekerjaan yang harus diselesaikan.

Setelah Anda merasa puas dengan liburan, maka Anda akan merasa lebih siap untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. Sebelum memutuskan untuk liburan, salah satu yang paling penting dan harus Anda persiapkan adalah tiket perjalanan.

Namun, kebanyakan orang membeli tiket secara sembarangan tanpa persiapan. Hal ini terjadi karena mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk membeli tiket. Sehingga membuat pengeluaran saat liburan menjadi membengkak.

Agar Anda tidak salah memilih tiket liburan, berikut kami berikan beberapa tips supaya hemat dalam membeli tiket perjalanan liburan.

Tips Membeli Tiket Supaya Hemat Saat Liburan

Siapa yang tidak ingin liburan dengan biaya murah? Tiket transportasi merupakan salah satu hal yang biasanya membuat anggaran perjalanan menjadi membengkak. Untuk mengatasi masalah tersebut, simaklah beberapa tips membeli tiket supaya hemat saat liburan di bawah ini.

1. Carilah travel agent yang terpercaya

Saat ini sudah banyak travel agent yang memberikan penawaran tiket promo dan harganya sangat terjangkau. Anda akan memperoleh harga yang sesuai dengan budget.

Namun, pilihlah travel agen yang terpercaya agar anda terhindar dari penipuan. Anda bisa bertanya kepada saudara atau teman yang pernah menggunakan travel agent tersebut.

2. Membandingkan harga tiket

Untuk tips yang kedua, jika Anda memiliki banyak waktu luang sempatkan untuk membandingkan harga tiket dari beberapa travel agent.

Bandingkan promo liburan ataupun paket liburan yang diberikan oleh travel agen yang murah tapi dengan fasilitas yang tidak murahan. Dengan begitu Anda akan tetap bisa menikmati perjalanan yang nyaman dengan harga yang terjangkau.

3. Tentukan maskapai penerbangan

Bagi Anda yang ingin liburan menggunakan pesawat terbang, sebaiknya tentukan dulu tujuan atau tempat liburan yang akan Anda tuju. Setelah Anda menemukan tujuan, tentukanlah maskapai penerbangan yang ingin Anda gunakan.

Jika semua sudah sesuai, belilah tiket dengan kelas yang tidak terlalu tinggi atau kelas yang ekonomi. Namun, jangan lupa untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan yang diberikan oleh tiap-tiap maskapai. Selain itu pilihlah maskapai penerbangan yang memiliki jam terbang yang baik, tetapi dengan harga yang terjangkau.

4. Perhatikan periode liburan

Bagi Anda yang akan menikmati liburan setelah beraktivitas seharian, hindarilah memilih liburan saat weekend atau long weekend. Pada hari-hari inilah harga tiket kereta, pesawat, bus bahkan tiket masuk ke tempat wisata akan mengalami kenaikan yang sangat tinggi. Jadi, jangan membeli tiket di saat musim liburan jika Anda ingin berhemat.

5. Pesanlah tiket jauh-jauh hari

Terkadang orang tidak tahu bahwa membeli tiket saat musim libur akan sangat mahal. Selain itu, banyak orang sembarangan membeli tiket karena tidak sempat memesan jauh-jauh hari. Untuk menghindari harga tiket yang melambung tinggi, Anda bisa membeli tiket sebelum hari H atau bisa juga sebulan sebelum musim liburan.

6. Sering-sering mengecek harga

Jangan terburu-buru untuk membeli tiket, sering-seringlah mengecek perubahan harga tiket. Biasanya, dalam sehari ada banyak perubahan tiket yang ditawarkan. Untuk itu Anda harus sering mengecek harga tiket sebelum memutuskan untuk membelinya.

7. Beda tempat, beda harga tiket

Selain harus sering-sering mengecek harga tiket, Anda juga harus pandai memilih tempat untuk memesan tiket perjalanan liburan. Karena beda tempat pemesanan, biasanya juga beda harga tiket yang ditawarkan.

Sebagai contoh, jika Anda ingin berlibur di tempat tujuan yang memiliki dua bandara, harga tiketnya pun bisa berbeda meskipun Anda membeli dari maskapai yang sama. Untuk itu, perhatikanlah saat Anda akan membeli tiket perjalanan liburan.

8. Jangan membeli tiket melalui calo

Kebanyakan orang yang kehabisan tiket liburan tidak berfikir panjang sehingga mereka membeli tiket kepada calo atau bukan agen resmi yang harganya mencapai 2 kali lipat. Biasanya banyak calo yang menjual tiket saat musim liburan dengan harga yang tinggi.

Bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran hindari membeli tiket dari calo atau agen yang tidak resmi. Akan lebih baik jika Anda membeli tiket secara online dan jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan liburan.

9. Gunakan aplikasi pencari tiket melalui android

Di jaman modern ini, sudah banyak aplikasi pemesanan tiket yang bisa Anda manfaatkan. Anda tidak perlu lagi susah-susah datang langsung ke tempat penjualan tiket. Selain itu aplikasi penjual tiket biasanya memberikan promo atau diskon yang cukup besar. Melalui cara ini Anda bisa menghemat pembelian tiket sekaligus menghemat waktu pembelian.

10. Membeli tiket pulang pergi

Tips yang selanjutnya, biasakan membeli tiket pulang dan pergi sekaligus. Hal ini dilakukan untuk menghindari kenaikan harga dan Anda pun tetap bisa menghemat biaya dan waktu.

Dengan menerapkan tips di atas, biaya liburan menjadi lebih terjangkau karena Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga murah. Jadi, Anda pun tetap bisa pergi berlibur dengan budget yang terjangkau.

Berlibur memiliki banyak manfaat. Selain untuk menyegarkan pikiran, liburan juga bisa membuat badan Anda menjadi lebih segar. Tentunya, Anda akan lebih bersemangat untuk melakukan banyaknya aktivitas sehari-hari.

Jadi, cobalah untuk meluangkan waktu Anda meskipun hanya sebentar untuk melakukan perjalanan liburan.

Semoga tips hemat membeli tiket di atas bisa membantu Anda dalam merencanakan perjalanan liburan dan lebih menghemat pengeluaran Anda.