Berapa Jumlah Anak Yang Ideal Dalam Satu Rumah?

Sebagai sepasang suami istri tentunya Anda pernah mendiskusikan berapa jumlah anak ideal dalam satu rumah tangga? Ada yang menginginkan banyak tetapi ada yang juga ingin sedikit aja.

Berapa Jumlah Anak Yang Ideal Dalam Satu Rumah?

Memiliki seorang anak merupakan anugerah yang sangat berharga. Orang tua pun harus bertanggung jawab penuh terhadap anak-anak mereka.

Definisi jumlah anak yang ideal dalam suatu rumah tangga mungkin akan berbeda-beda. Hal tersebut berkaitan dengan kemampuan finansial yang dimiliki masing-masing orang tua. Akan tetapi pemerintah menyarankan untuk masing-masing rumah tangga memiliki jumlah anak ideal yaitu dua.

Dengan memiliki jumlah anak yang ideal berarti orang tua mempersiapkan masa depan mereka dengan baik. Hal tersebut meliputi pendidikan berkualitas, kesehatan yang terjamin dan kebutuhan kasih sayang. Orang tua harus paham akan konsekuensi saat memiliki anak dan bagaimana menjaganya.

Kebutuhan-kebutuhan dasar yang harus dipenuhi orang tua terhadap anak-anaknya

Kehadiran anak akan memberi warna sendiri bagi kehidupan rumah tangga. Berbagai macam pertimbangan yang membuat sepasang suami-istri menentukan jumlah anaknya kelak. Berikut beberapa hal yang menjadi alasan jumlah anak dalam suatu rumah tangga:

1. Biaya pendidikan

Banyaknya anak yang Anda miliki akan mempengaruhi biaya pendidikan anak kelak. Semakin banyak anak maka kebutuhan biaya pendidikannya tidak akan sedikit.

Biaya pendidikan berkualitas di Indonesia tidaklah murah. Untuk memberikan kualitas terbaik maka orang tua harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

Biaya pendidikan di Indonesia dari jenjang sekolah dasar sampai perguruan tinggi tidaklah murah. Akan tetapi, anak Anda layak mendapatkan pendidikan yang layak. Pada prinsipnya Anda harus tahu kapasitas pendapatan Anda untuk membiayai pendidikan anak Anda.

Idealnya, Anda harus matang mempersiapkan jumlah anak Anda. Pastikan dengan rencana yang jelas, kebutuhan biaya pendidikan anak Anda terpenuhi secara maksimal. Dengan perencanaan yang matang Anda akan membantu anak untuk mempersiapkan masa depan yang cerah.

Memiliki jumlah anak yang ideal akan sangat membantu Anda. Hal ini akan bersangkutan dengan kualitas pendidikan mereka. Dua anak akan lebih mudah Anda tangani. Anda akan bisa lebih maksimal dalam memberi pendidikan kualitas bagi mereka.

2. Biaya kesehatan

Sehat itu mahal. Betapa pentingnya menjaga kesehatan. Mempunyai banyak anak berarti Anda harus lebih ekstra memastikan kondisi kesehatan mereka. Tentunya tidak akan menjadi masalah jika Anda kaya. Akan tetapi jika Anda kurang mampu, maka hal ini akan menjadi beban tersendiri.

Biaya kesehatan mahal apalagi di Indonesia. Untuk pergi periksa ke dokter Anda harus menyediakan uang yang lumayan. Jika Anda memiliki banyak anak maka Anda juga harus siap menanggung biaya kesehatan mereka yang cukup banyak juga. Anda bertanggung jawab penuh merawat kesehatan mereka.

Memiliki jumlah anak yang ideal tidak akan membuat orang tua terbebani dalam masalah menjaga kesehatannya. Alasannya dengan dua anak maka Anda akan lebih mudah mengurusnya. Fokus Anda pun akan lebih mudah dalam merawat kesehatan mereka.

3. Waktu luang

Kebutuhan dasar dari seorang anak adalah kasih sayang kedua orang tuannya. Pastikan setiap anak Anda merasa bahwa Anda menyayangi mereka dengan adil. Hal ini akan berpengaruh pada tumbuh kembang dari anak Anda. Anak yang mendapatkan kasih sayang yang cukup akan tumbuh dengan bahagia.

Setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda. Jika Anda memiliki banyak anak maka tugas Anda akan lebih banyak. Pada umumnya kasus yang muncul jika orang tua memiliki banyak anak, maka ada beberapa anak yang merasa tidak diperhatikan. Orang tua dengan banyak anak dituntut untuk bisa membagi rasa sayangnya secara adil.

Bagi orang tua dengan jumlah anak yang ideal, maka akan lebih ringan. Mereka bisa memberikan kasih sayangnya dengan lebih baik. Berbagai kasih sayang dengan waktu luang lebih banyak akan membuat anak-anak Anda lebih bahagia.

Anak adalah aset yang berharga. Orang tua harus mengasuhnya dengan baik. Kelak ketika mereka tumbuh besar, mereka akan menjadi pribadi bahagia yang bermanfaat. Orang tua tidak seharusnya membiarkan mereka dalam pengasuhan yang salah.

Mereka layak mendapatkan kualitas pendidikan maksimal. Mereka juga harus sehat jiwa dan raga. Dengan memiliki jumlah anak yang ideal maka orang tua akan lebih siap dalam merawat dan mengasuhnya sebaik mungkin.